Jumat, 19 Agustus 2011

Untung Segera Ketahuan: Remaja AS Pasang Bom di Bekas Sekolahnya


REPUBLIKA.CO.ID, FLORIDA - Seorang remaja ditangkap oleh polisi di Tampa, Florida, Amerika Serikat setelah ketahuan merencanakan untuk mengaktifkan bahan peledak dan membunuh puluhan siswa pada hari pertama masuk sekolah. Jared Cano, nama remaja itu, tadinya adalah siswa di sekolah tersebut.

Menurut Kepala Polisi Tampa, Jane Castor, dalam penggeledahan di rumahnya, polisi menemukan bahan peledak dan sebuah manifesto yang menguraikan rencana menit demi menit dan nama-nama target di Freedom High School, nama sekolah itu.

Cano adalah siswa di sekolah itu sampai ia diusir tahun lalu, kata pejabat sekolah.

Dalam daftarnya, terdapat sekitar 30 siswa dan dua kepala asisten sekolah yang 'wajib mati' dalam serangannya. Bila niatnya jadi terlaksana, maka akan menjadi malapetaka terburuk setelah penembakan di sebuah sekolah di Colorado tahun 1999. "Itu akan menjadi bencana," kata Castor pada CNN.

Polisis menemukan, disertakan dalam manifestonya adalah gambar rinci tentang di mana bom akan ditanam. Pihak berwenang juga menemukan teori meracik bom di kamar Cano. "Tujuannya adalah untuk menempatkan perangkat ini di seluruh sekolah, di mana daya ledaknya akan lebih besar dampaknya," katanya.

Dia menekankan bahwa keluarga Cano telah bekerja sama dengan pemerintah dan mengatakan tidak ada bukti keluarga menyadari rencana itu.

Bukti yang dikumpulkan polisi menunjukkan bahwa Cano bisa melakukan serangan itu dan "sangat serius tentang hal itu," kata Castor. Polisi telah sepakat untuk meningkatkan keamanan pada hari pertama sekolah - dijadwalkan Selasa mendatang - untuk membuat orang merasa lebih aman.

Redaktur: Siwi Tri Puji B
Sumber: CNN



Tidak ada komentar:

Posting Komentar