Minggu, 14 Agustus 2011

Baru Dua Hari Dibuka, Sudah Terima 4 Pengaduan

suarasurabaya.net| Baru dua hari dibuka Posko Pengaduan Tunjangan Hari Raya (THR) yang digelar bersama Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surabaya dan Aliansi Buruh Menggugat (ABM) Jatim sudah menerima 4 pengaduan dugaan pelanggaran pemberian THR.

Jamaluddin Koordinator ABM Jawa Timur pada suarasurabaya.net, Sabtu (13/8/2011) mengatakan 4 perusahaan itu 3 diantaranya berbasis di Surabaya dan sisanya di Pasuruan. Tiga perusahaan di Surabaya yang diduga melanggar pemberian THR pada karyawannya bergerak di bidang perbankan, pendidikan, dan hiburan. Sedangkan perusahaan di Pasuruan bergerak di bidang produksi makanan ringan.

Dari 4 kasus, 2 kasus diantaranya dilaporkan terkait perusahaan yang tidak mau membayar THR pekerjanya yang masih dalam proses PHK di Disnaker.

Menurut Jamaluddin, hal itu melanggar pasal 6 Permenaker nomor 4 tahun 1994 tentang THR dimana pekerja yang putus hubungan kerja terhitung sejak waktu 30 hari sebelum jatuh tempo hari raya keagamaan berhak atas THR.

Kasus di sebuah perusahaan hiburan di Surabaya, pekerja yang masa kerja kurang dari 6 bulan tidak mendapatkan THR. Hal ini, jelas Jamaluddin melanggar Permenaker nomor 4 tahun 1994 dimana pengusaha Wajib memberikan THR kepada pekerja yang masa kerjanya 3 bulan atau lebih.

Pada kasus sebuah lembaga pendidikan di Surabaya, THR dibayarkan dengan dicicil 2 kali. “Ini melanggar pasal 3 Permenaker nomor 4 tahun 1994,” kata dia.

Dengan 4 laporan itu, kata Jamaluddin 5 Posko yang sudah dibentuk di Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Pasuruan, dan Malang akan menindaklanjutinya dengan memberikan sosialisasi pada pengusaha dan pekerja, advokasi, somasi, sampai dengan rencana melakukan tekanan dengan unjukrasa. Targetnya, agar THR diberikan pada para pekerja tanpa diskriminasi, tepat waktu, dan jumlahnya sesuai ketentuan perundangan.(edy)

Alamat dan kontrak Posko Pengaduan THR Jawa Timur :
1.Surabaya : LBH Surabaya Jl Kidal 6 Surabaya
2.Sidoarjo : FSPMI Sidoarjo Perum Bumi Candi Asri C5/3 Sidoarjo Telp. 08213269671
3.Mojokerto : FSPMIMojokertoSidorejo RT 05 RW 04 NgoroMojokerto Telp. 08523181862
4.Pasuruan : FSPMI Pasuruan Jl Raya Kraton 26 Pasuruan Telp 085855156894
5.Malang : LBH Surabaya Pos Malang Jl Letjen Soetoyo V/31 Malang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar